Rabu, 11 November 2009

Harga Tawar Ikan Koi di Desa Sumber


Koi adalah merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar kategori sangat mahal. Namun demikian, walau begitu dikenal sangat mahal; permintaan pasar domestik maupun luar negeri tetap semakin stabil. Hal yang demikianlah sehingga sangat mendukung/ mendorong bagi peningkatan produksi maupun pertumbuhan budidaya.
Budidaya Koi di negeri ini sangatlah terbatas, sesuai dengan potensi daerah yang cocok bagi usaha ini. Menurut data yang ada pada kami, daerah yang cocok atau potensial untuk usaha ini antara lain adalah : Blitar, sebagai sentra produksi/ pemasok Koi nasional terbesar kemudian berkembang Jogjakarta, sebagian kecil Jawa Tengah, Sukabumi dan Malang dalam pengembangan.
Dalam rangka pengembangan budidaya Koi setidaknya harus kita persiapkan antara lain :
Lahan atau kolam. Kedalaman kolam biasa mulai dari 50 cm – 150 cm (disesuaikan). Suplay dan kualitas air cukup, PH rata – rata kisaran 6 – 8, suhu rata – rata 27oC – 32o C. Isi kolam dan diamkan selama 3 hari sebelum memasukkan ikan. Kalau perlu beri Well Oxigen untuk kesempurnaan. Koi juga bisa untuk campuran Gurami.
Siapkan benih atau calon induk – jantan atau induk jantan yang berkwalitas (dalam sejarah keturunannya jelas). Body panjang, gagah kekar, warna tajam, kontras, pola warna pakem dan simetris, gaya renang atau gerakan lincah agresif, dst.
Teknik perawatan, penanganan tidak boleh kasar, tidak terlalu sering dipindah pindah kecuali untuk maksud tertentu. Padat penebaran terukur, konsentrasi pemberian pakan maupun obat – obatan yang tepat, dan hal – hal lain mengenai proses pembenihan & budidaya.
Berikut kami sampaikan keterangan dan informasi mengenai macam-macam koi yang tersedia di desa Sumber-Blitar setempat. Kuhaku, showa, shiro, utshuri, platinum, yamabuki, ogon, goshiki, sanke, beko, hikari, dll, dengan berbagi kelas diantaranya: A, A Super, B, C, Super dan Istimewa dengan ukuran dari 15 cm sampai 25 cm keatas. Adapun harga-harganya bisa menyesuaikan dari 25.000-300.000 keatas tergantung ukurannya
Pada umumnya kelas/ kwalitas Koi disebutkan : Pertama; Kelas Istimewa; Adalah kelas kontes, kelas para penghobi/ penggemar. Untuk harganya sangat relatif tergantung kesepakatan pemilik dan pembeli karena sangat mahal
Kedua; Kelas Super (A super) Adalah kelas menengah keatas/ untuk pengembangan (calon induk – jantan) berkwalitas. Informasi harga diatas 300.000 per ekor (tegantung ukuran). Ketiga; Kelas A Adalah kelas menengah, koleksi, pembesaran, pemula, show room, untuk calon induk – jantan. Informasi harga 200.000 – 300.000 per ekor tergantung ukuran.
Keempat Kelas B; Adalah kelas pasar atau menengah kebawah. Sasaran di pasar ikan hias umum, informasi harga kurang lebih 25.000 keatas per ekor tergantung ukuran. Kelima;Kelas C
Adalah kelas pasar biasa (kropyok). Harga relatif murah, tergantung ukuran. Informasi tersebut berdasarkan keadaan di Blitar.
Keterangan ini didapat dari ketua kelompok tani ikan hias IMAM MAHRUS, dengan email mahrus_koi@yahoo.co.id. bagi yang berkenan dipersilahkan mendatangi langsung di desa Sumber, Kec. sanan Kulon, Kab. Blitar.

1 komentar: